Monday, February 25

Menghindari serangan Virus dan Malware di Android

Kali ini saya akan membagikan beberapa tips untuk menghindari serangan virus dan malware di perangkat Android kita. Pengertian Virus itu sendiri (pada PC/Notebook/Smartphone/Tablet) adalah satu program atau bahasa yang dibuat untuk menyusup ke perangkat pengguna tanpa ijin dengan tujuan menggandakan diri, merusak file atau  beberapa aplikasi tertentu. Serupa dengan Virus, Malware sendiri merupakan sekumpulan script, bahasa pemrograman yang kerap disusupkan kedalam sebuah aplikasi untuk menginfeksi dengan tujuan merusak, mencuri data atau melakukan remote atau pengendalian jarak jauh. 

Ilustrasi Virus dan Malware di Android
Ilustrasi Virus dan Malware di Android
1. Virus atau malware rata-rata berasal dari aplikasi atau games, oleh karena itu selalu prioritaskan mengunduh aplikasi dan game langsung dari Google Play perangkat Android kita. Seandainya kita mengunduh aplikasi atau games yang berasal dari sumber lain, selalu upayakan dilakukan lewat PC atau notebook yang dilengkapi dengan AntiVirus yang selalu diperbarui

2. Bila tidak memungkinkan untuk mengunduh aplikasi lewat PC/Notebook, usahakan pada perangkat Android kita telah memiliki aplikasi antivirus, banyak yang gratis tapi tentu lebih bagus yang berbayar.

3. Kita harus pahami dan pelajari tentang otorisasi aplikasi atau games yang akan kita pasang, contohnya tentang akses fitur.

4. Wifi gratis siapa yang tidak mau, tapi hati-hati kebanyakan virus/malware masuk lewat kerentanan keamanan dari jaringan tersebut.

5. Selalu lakukan Update baik itu Sistem Operasi maupun aplikasi atau games secara berkala.

6. Melakukan Backup secara berkala (ini yang terpenting), meliputi aplikasi atau games yang telah diinstalasi, daftar kontak, SMS, atau data penting lainnya 

23 komentar:

  1. terimakasih atas tipsnya gan..

    blogwalking
    Aan Shared

    ReplyDelete
  2. article which contains useful information and hopefully would attract all the information submitted and knowledge can be a lesson for us who read this article. we wait for another interesting article posting host.

    ReplyDelete
  3. wah mudah dipahami nih..., thanks tutornya

    ReplyDelete
  4. Kalo yang ini saya kurang tau, tanks udah share! Tambahan

    ReplyDelete
  5. Great article. Thanks for your great information, the content is quiet interesting. I will be waiting for your next post.

    ReplyDelete
  6. Thanks for information,...

    Keep it up

    ReplyDelete
  7. Very great post. I simply stumbled upon your blog and wanted to say that I have really enjoyed browsing your weblog posts. After all I’ll be subscribing on your feed and I am hoping you write again very soon!

    ReplyDelete
  8. Get the Fastest VPN for 2018 that allows you to access blocked and restricted content from anywhere in the world. Stream and Download with complete anonymity and security. FastestVPN service provider offers secure access and high speed.https://fastestvpn.com/

    ReplyDelete

 
Copyright © . Fresh Reading Blog - Posts · Comments