Tuesday, January 22

Berbagai Macam Layanan Internet

Pada zaman sekarang ini, internet merupakan kebutuhan bagi banyak orang. Hal tersebut dikarenakan kita bisa mengakses dan menemukan segala informasi di seluruh dunia dengan cepat dan mudah melalui internet. Kebutuhan internet sangat penting sehingga peningkatan jumlah pemakai layanan internet setiap tahun selalu meningkat di seluruh dunia. Internet berakar kata dari interconnection-networking, sebuah sistem yang melayani penggunanya di seluruh dunia yang terhubung melalui jaringan komputer melalui Internet Protocol Suite (TCP/IP). Internet dapat melintasi batas administrasi dan batas geografis. Internet merupakan jaringan komputer yang luas dan bisa menghubungkan orang-orang dari berbagai penjuru dunia di mana terdapat sumber informasi. Pada awalnya, internet merupakan suatu jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Amerika Serikat melalui proyek ARPANET (Advance Researh Project Agency Network ) yang bertujuan untuk keperluan militer. Pada awal 60-an, mereka mendemonstrasikan hardware dan software komputer berbabis UNIX bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Oleh karena itu, mereka merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). Pada awalnya, ARPANET hanya menghubungkan 4 situs universitas (Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah) dan membentuk satu jaringan terpadu pada 1969. ARPANET secara umum diperkenalkan pada Oktober 1972. Tidak perlu menunggu waktu terlalu lama, proyek kecil ini dengan cepat berkembang pesat di seluruh wilayah Amerika. Seluruh universitas menyatakan keinginannya untuk bergabung. Besarnya keinginan untuk bergabung dengan proyek ini membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya. Sebagai pemecahannya, ARPANET kemudian dipecah manjadi dua, "MILNET" diperuntukkan bagi keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer, seperti universitas-universitas. Penggabungan antara MILNET dan ARPANET pada akhirnya dikenal sebgai DARPA Internet, dan disederhanakan dengan sebutan internet. Macam-macam Layanan Internet dan Fungsinya Apa yang bisa kita lakukan dengan Internet? Banyak. Berikut ini beberapa fasilitas terpenting yang disediakan di Internet, antara lain,





1. Email atau Electronic Mail
Email merupakan layanan internet untuk surat menyurat atau pesan elektronik yang dikirimkan dan diterima oleh dan antar individu atau komputer. Email bekerja seperti mesin penjawab telepon, walaupun kita tidak sedang online dengan internet kita masih bisa menerima email dari seluruh penjuru dunia. Saat ini, email tidak hanya berisi teks saja, tetapi sudah bisa dilampiri dengan grafik, gambar foto dan juga suara bahkan animasi. Email juga dapat digunakan untuk berkirim surat secara langsung kepada beberapa orang sekaligus. Berkirim dan menerima email, saat ini sudah menjadi hal yang umum dilakukan orang di internet. Kita bisa berkomunikasi dengan siapa saja di seluruh dunia dengan fasilitas email ini, asalkan sudah memiliki alamat email tertentu.


2. Mailing List (Kelompok Diskusi)
Fasilitas layanan internet ini dibangun menggunakan teknik yang sama dengan proses penyebaran surat elektronik. Dengan menggunakan fasilitas ini, sebuah berita atau file dapat didistribusikan ke banyak pengguna sekaligus.
Bahkan penggunanya dapat melakukan diskusi, seminar, ceramah, konferensi secara elektronik tanpa terikat dimensi ruang dan waktu. Diskusi dapat berlangsung setiap hari tanpa henti. Hasil yang diperoleh akan jauh lebih efektif
daripada penyelenggaraan seminar atau konferensi konvesional. 3. FTP (File Transfer Protocol) FTP atau File Transfer Protocol adalah layanan internet untuk melakukan transfer file antara komputer kita dengan server di internet. FTP berfungsi untuk mengirim dan menerima file antar-host dari seluruh dunia. Cukup banyak server di internet yang menyediakan layanan ini sehingga kita bisa meng-copy file-file di server ke komputer kita. Hal ini yang disebut download. Selain itu, kita juga bisa mengkopi file-file di komputer kita ke server di internet, hal ini disebut dengan upload.



4. Telnet (Tele Networking)
Fungsi dari Telnet untuk mengakses komputer (host/server) dari jauh. Telnet merupakan program yang memungkinkan komputer menjadi pusat dari komputer lain di internet. Telnet pun memungkinkan untuk log in sebagai pemakai komputer jarak jauh dan menjalankan program komputer layanan yang ada di komputer tersebut. Beberapa server di internet memperbolehkan kita untuk mengaksesnya dan menjalankan beberapa program yang diinstal pada komputer itu.Layanan internet ini disebut sebagai telnet. Penggunaan server ini sama seperti kalau kita melakukannya pada komputer di jaringan lokal.


5. Internet Relay Chat (IRC)
IRC merupakan fasilitas untuk komunikasi langsung dengan menggunakan keyboard. kita dapat ambil bagian dalam komunikasi publik dengan sekelompok orang. Atau, jika kita inginkan, layanan internet ini dapat anda menggunakan IRC untuk mengatur komunikasi pribadi dengan orang-orang tertentu, yaitu sejenis teleconference. 



6. Discussion Group
Biasanya, kita gunakan email untuk orang-orang yang sudah kita kenal dengan baik, akan tetapi kita juga dapat gunakan email untuk saling bertukar informasi, berdiskusi dan berdialog dengan orang lain. Kita dapat berpartisipasi dalam diskusi dan debat dengan topik yang beragam mulai dari hobi sampai pada permasalahan komputer atau malah masalah hiburan dan artis.


7. Newsgroups
Newsgroups adalah layanan internet dan juga salah satu discussion groups yang ada di internet. Tidak seperti milis, newsgroups menggunakan komputer jaringan khusus yang disebut sebagai UseNet. Setiap komputer terdapat beberapa newsgroup. Setiap newsgroups diatur berdasarkan satu topik general yang kemudian dibagi menjai beberapa subtopik dibawahnya.


8. User’s Network (UseNet)
UseNet merupakan sistem kelompok diskusi yang artikel-artikel didistribusikan ke seluruh dunia. UseNet mempunyai ribuan kelompok diskusi sehingga tidak heran jika UseNet mencakup segala topik yang Anda inginkan.



9. Gopher
Gopher adalah aplikasi perangkat lunak yang tesusun atas untaian menu sistem pencarian dan penemuan kembali. Situs Gopher adalah komputer yang menampilkan menu-menu yang mewakili data dan informasi yang tersedia.
Secara mendasar, menu-menu ini adalah daftar isi untuk mengolah dan menunjuk ke sebuah informasi tertentu. Layanan internet ini menggunakan FTP untuk pertukaran file dan Telnet untuk koneksi dengan server tertentu.


10. World Wide Web (WWW) 

WWW merupakan sebuah sistem dalam internet yang memberikan fasilitas untuk mencari dan memberikan informasi yang cepat dengan menggunakan teknologi hypertext. Layanan ini merupakan layanan internet yang paling banyak dikenal orang dan paling cepat perkembangan teknologinya. Layanan internet ini menggunakan link hypertext yang disebut hyperlink untuk merujuk dan mengambil halaman-halaman web dari server. Halaman web dapat berisi suara, gambar, animasi, text, dan program perangkat lunak yang menyusunnya menjadi dokumen yang dinamis. Pengguna dapat melihat World Wide Web dari sebuah browser, yaitu program yang dapat menampilkan HTML (skrip halaman web). Dalam WWW, struktur sumber daya internet bisa dibandingkan dengan jaring laba-laba. Bila dilihat dari polanya, jaringan ini memiliki lingkaran-lingkaran dengan berbagai ukuran yang berpusat pada titik tengah yang sama. Dari titik tengah ini, membentuk garis-garis penghubung tegak lurus pada lingkaran sehingga membuat titik simpul.
Jika struktur percabangan merupakan jalur hubungan, pada web semua garis merupakan penghubung setiap titik simpul yang mengandung data. Pemilihan dilakukan dengan item Hypertext. Pada titik simpul, ada sebuah komputer di Internet atau sebuah petunjuk untuk file tertentu pada sebuah komputer. Hal ini berarti, dengan memilih sebuah item Hypertext diciptakan hubungan dengan sebuah komputer pada suatu tempat di dunia, tempat Anda dapat melanjutkan perjalanan atau langsung ke sebuah file tertentu. “Bahasa” World Wide Web - HTML Untuk membuat Hypertext, telah dikembangkan sebuah bahasa pemrograman khusus. Bahasa ini memungkinkan pengikatan alamat WWW atau file dalam sebuah dokumen. Sesuai dengan fungsinya, bahasa pemrograman ini disebut Hypertext Mark up Language (HTML). File ini biasanya ber-extention*.html. Supaya file yang berisi Hypertext ini bisa dikirimkan, diperlukan protokol pengiriman data yang spesifik yang disebut HyperText Transfer Protocol (HTTP). Untuk menemukan setiap hubungan Hypertext digunak an Uniform Resource Locator (URL). Karena itu, halaman WWW juga disebut dokumen URL.
Jadi, begitu banyak layanan internet yang memudahkan kehidupan kita, bukan? Baca juga ini Statistik Mencengangkan di Tahun 2012 Lalu.

1 komentar:

 
Copyright © . Fresh Reading Blog - Posts · Comments