Thursday, January 24

Cara Memperkuat Daya Ingat Anda

Apakah kita sering lupa  Nama Orang? Alamat Jalan ? Disini saya akan membagikan Cara-cara memperkuat Daya Ingat Kita. Ada Empat poin penting dalam memperkuat daya ingat kita yang dirincikan sebagai berikut :


1. Mintalah Pikiran Kita Untuk Mengingat
Daya ingat tidak bisa memunculkan sesuatu yang belum 'didaftarkan' di dalam pikiran kita, atau yang belum di daftarkan secara sempurna.  Kita tidak bisa memunculkan wajah orang yang kita kenal, atau tidak tahu nama jalan yang kita lewati sehari-hari.  Ketika berkenalan dengan seseorang pernahkah dengan sungguh-sungguh kita melihat wajahnya, serta mendengar jelas namanya ? Pernahkan kita membaca nama-nama jalan yang kita lewati setiap harinya ? Mungkin tidak

"Bagaimana Kita bisa mengingat sesuatu yang tidak pernah Kita perhatikan atau catat, atau tidak menganggap bahwa sesuatu itu layak untuk diingat"

2.  Simpan Berkas, Beri Indeks, dan Rekam dengan Baik
Layaknya mesin pencari Google yang mengindeks setiap website, menyimpan, dan merekam semua hasil telusuran yang kita inginkan. Dalam banyak hal pikiran kita seperti halnya Google.  Oleh karena itu adalah sangat penting bahwa setelah meminta pikiran mencatat dan menginggat suatu hal sebagaimana mestinya, kita harus menolong pikiran dengan menyimpannya dengan baik.

3. Jangan Bingung
Penyimpanan yang sembrono bisa membuat kita bingung.  Tidak tepat, memasukan semua data dan fakta dalam satu 'arsip'.  Fakta haruslah berdiri sendiri dan terpisah sehingga kita bisa merujuknya dan mudah mencari kembali.

4.  Berikan Konteks/Latar Belakang Fakta
Jangan melihat sesuatu secara terpisah, melainkan harus mengandung konteks dan latar belakang.  Pohon, kita lihat bersama-sama dengan semua benda yang ada di sekitarnya.  Demikian pula dengan kata, janganlah kata dibaca secara terpisah, lihatlah konteks yang diberikannya sehingga membuat kata-kata itu begitu bermakna.


0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © . Fresh Reading Blog - Posts · Comments